![]() | |||
Zukhrifa , Esther, Bella, Liza, Happy, Umi, Widari, Yeyen, Qonita, Amel, Ully. Eh mas yang di depan tuh ngeksis amat yah (?) |
![]() |
Rame rameeeee.. Hayoo tebak, gue yang mana? |
Adinut.blogspot.com –
(Jum’at, 17/06) Sebanyak 30 mahasiswa perwakilan dari setiap kelompok pengambil
mata kuliah Hubungan Industrial, yang tergabung dalam jurusan Ilmu Administrasi
Bisnis Universitas Lampung angkatan 2013 mengadakan field study (kuliah
lapangan) ke salah satu lembaga pengaduan masalah pelayanan publik, Ombudsman
RI. Pada awalnya para mahasiswa pesimis dapat mengikuti field study pada pukul
13:00 dikarenakan hujan, namun pada pukul 13:30 hujan berangsur reda, barulah
pada pukul 14:00 semua mahasiswa telah sampai di Kantor Ombudsman RI Perwakilan
Lampung yang berada di Jl. Way Ketibung No. 15 Pahoman Bandar Lampung.
Acara
dimulai dengan sambutan oleh Gustomi Yorri Sambayu selaku ketua rombongan,
dilanjutkan dengan sambutan oleh perwakilan Ombudsman. Lalu pemaparan singkat
tentang Ombudsman RI oleh Kepala Ombudsman RI Perwakilan Lampung, David
Irvanto, bahwa pembentukan lembaga Ombudsman di Indonesia oleh
pemerintah dimulai ketika Presiden B.J. Habibie berkuasa, kemudian dilanjutkan
oleh penggantinya, yakni K.H. Abdurrahman Wahid. Pada masa pemerintahan
K.H. Abdurrahman Wahid lah disebut sebagai tonggak sejarah pembentukan lembaga
Ombudsman di Indonesia. Pemerintah pada waktu itu nampak sadar akan perlunya
lembaga Ombudsman di Indonesia menyusul adanya tuntutan masyarakat yang amat
kuat untuk mewujudkan pemerintah yang bersih dan penyelenggaraan negara yang
baik atau clean and good governance.
Ombudsman RI berfungsi
mengawasi Pelenggaraan Pelayanan Publik diwilayah kerjanya baik diselenggarakan
oleh penyelenggara Negara dan Pemerintahan termasuk yang diselenggarakan oleh
BUMN, BUMD, dan Badan Hukum Milik Negara serta Swasta atau perseorangan yang
diberi tugas menyelenggarakan Pelayanan Publik tertentu yang sebagian atau
seluruh dananya bersumber dari APBN ataupun APBD.
Setelah pemaparan
materi singkat, beberapa mahasiswa bertanya seputar masalah pelayanan publik
yang pernah ditangani Ombudsman berikut penyelesaiannya. Sesudah semua rangkaian
agenda terlaksana, acara diakhiri dengan penyerahan plakat dan foto bersama.
(Reporter: Ajeng Dini Utami)
0 Komentar